Rabu, 28 November 2012

Alur Permintaan Darah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – PMI  Cabang Kota Yogyakarta meminta para peminta darah bersabar ketika PMI belum bisa memenuhi permintaan darah pasien. Hal ini menyangkut kelengkapan informasi darah dan pengecekan darah.

"Seringkali peminta dalam kondisi panik, mereka pasti buru-buru saat meminta darah. Akhirnya marah-marah ketika kita tidak bisa memenuhi keinginan mereka," kata Dr. Endar Retno, Bagian Pelayanan Donor Darah PMI cabang Kota Yogyakarta, Rabu (27/1/2011).

Tidak hanya golongan darah pengecekan terhadap jenis darah juga diperlukan. Selain itu, untuk meminta darah harus ada formulir PMI yang ditanda tangani dokter dari rumah sakit yang bersangkutan.

Alur permintaan darah sebagai berikut, dokter akan memberi formulir PMI kepada peminta. Formulir ini berisi diagnosa haemoglobin dan trombosit, golongan dan jenis darah yang diperlukan pasien.

Selain itu, peminta darah harus membawa contoh darah pasien dari rumah sakit.

"Jika stok ada kita akan segera kasih, namun kalau tidak ada diharapkan peminta membawa pendonor sendiri. Ini yang membedakan antara yang stoknya ada dan tidak ada, yaitu masalah waktu," imbuhnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar